Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

HUBUNGAN KEBIASAAN KONSUMSI KOPI TERHADAP TEKANAN DARAH PADA MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA ANGKATAN 21

Vialenthyna, HindyraDelfian, TaufikBudi, Andre
PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat (Sinta 4)Vol. 1 No. 1 (2026)5 November 2024
DOI10.31004/prepotif.v8i3.35654

Abstrak

Kafein merupakan methylxanthine utama yang terdapat dalam kopi dan perannya yang signifikan adalah meningkatkan tekanan darah. Kafein dalam kopi dapat menghambat reseptor adenosine dan menghambat fosfodiesterase, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Adenosin, yang bertindak sebagai vasodilator dan mengatur tekanan darah, diyakini terpengaruh oleh kafein dalam mekanisme regulasi tekanan darah setelah mengonsumsi kopi. Mahasiswa kedokteran cenderung mengonsumsi kafein sebagai stimulan karena jadwal istirahat yang terbatas, Motivasi di balik konsumsi kafein oleh mahasiswa disebabkan oleh peningkatan fungsi kognitif setelah mengonsumsi kafein, termasuk peningkatan konsentrasi, daya ingat, dan performa fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan konsumsi kopi pada mahasiswa dan apakah ada peningkatannya pada tekanan darah mahasiswa/i angkatan 21 kedokteran UNPRI. Penelitian ini menerapkan desain observasi analitik dengan pendekatan cross-sectional dalam pengumpulan data. Variabel independen pada penelitian ini adalah kebiasaan mengonsumsi kopi, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah tekanan darah. Populasi yang yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Angkatan 21. Metode sampling yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu consecutive sampling. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 responden yang dianalisis, sebagian besar (34 orang) memiliki kebiasaan konsumsi kopi dalam kategori sedang, dengan mayoritas (36 orang) memiliki tekanan darah yang normal. Hasil uji bivariat menunjukkan nilai p sebesar 0,621 (>0,05), yang mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara kebiasaan konsumsi kopi dan tekanan darah di antara responden yang diteliti.

Kata Kunci

kopi, mahasiswa, tekanan darah

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

HUBUNGAN KEBIASAAN KONSUMSI KOPI TERHADAP TEKANAN DARAH PADA MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA ANGKATAN 21 | PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat | Publiora