Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

PENGARUH PEMBERIAN BAWANG PUTIH TUNGGAL TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI PUSKESMAS PASAR IKAN KOTA BENGKULU

Djawari, HanifahFradila, RiaSasmita, Fatima NurainiMaydinar, Dian Dwiana
PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat (Sinta 4)Vol. 1 No. 1 (2026)20 Desember 2023
DOI10.31004/prepotif.v6i3.8056

Abstrak

Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan dunia, tidak hanya karena komplikasinya yang dapat mengancam kehidupan tetapi angka kasusnya yang tiap tahun semakin meningkat. Salah satu terapi komplementer yang dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah adalah air seduhan bawang putih tunggal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bawang putih tunggal terhadap tekanan darah lansia di Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu. Metode penelitian pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi adalah semua lansia yang memiliki penyakit hipertensi, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan sampel 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan semua responden mengalami penurunan tekanan darah berjumlah 26 (100%) orang yang diberikan air seduhan bawang putih selama 7 hari dengan dosis 4 gram sebanyak 200 ml air perhari. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank test diperoleh nilai Z = - 4.614 dengan P-value = 0,000<0,05 signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh dalam pemberian air seduhan bawang putih tunggal terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Puskesmas Pasar Ikan Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan penderita hipertensi agar mengkonsumsi air seduhan bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kata Kunci

bawang putihtekanan darah

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

PENGARUH PEMBERIAN BAWANG PUTIH TUNGGAL TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI PUSKESMAS PASAR IKAN KOTA BENGKULU | PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat | Publiora