Pengaruh Pemberian Jus Buah Naga Terhadap Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil
Abstrak
Anemia pada ibu hamil di Indonesia masih tergolong tinggi sebanyak 48,9%. Anemia sendiri dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi salah satunya dengan buah naga. Buah naga merah mengandung kalium dan flavonoid yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jus buah naga terhadap kadar hemoglobin (HB) pada ibu hamil. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan rancangan one group pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability cara penentuan sampel dengan Teknik Purposive Sampling. Total sampling berjumlah 15 responden. Hasil analisa dengan uji statistic paired t-test didapatkan nilai p-value = 0,000 < α = 0,05. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh pemberian jus buah naga terhadap kadar hemoglobin (HB) Ibu Hamil. Saran untuk ibu hamil untuk memerikasan kehamilannya dari trimester I sehingga cepat diketahui masalah pada kehamilannya.
Kata Kunci
Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda
MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.
Coba MatchMindLihat profil lengkap jurnal ini
Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.
Buka Lentera PerawatArtikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.
