Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

Manfaat Suplemen Antioksidan: Fakta atau Fiksi ?

Baraas, Faisal
Indonesian Journal of Cardiology (Sinta 2)Vol. 0 No. 013 Juni 2013
DOI10.30701/ijc.v32i1.113

Abstrak

Peranan suplemen antioksidan masih tetap kontroversial sampai saat ini. Boleh dikatakan, belum ada rilis hasil penelitian tentang manfaat antioksidan bagi  penderita penyakit jantung koroner dalam jurnal-jurnal terbaru beberapa tahun belakangan ini sebagai hasil penelitian klinis mutakhir yang bisa dianggap konklusif. Manfaat antioksidan masih tetap kontroversial dan memerlukan penelitian lebih lanjut dengan disain penelitian yang lebih scrutinized dan analisis yang lebih kritis.Tidak ada isu lain di bidang terapi kardiovaskuler yang lebih kontroversial saat ini, melainkan isu tentang peranan antioksidan itu. Seorang pejabat FDA menyebutkan bahwa efektivitas antioksidan dalam pengobatan penyakit jantung memang masih tetap belum konklusif, walau pun sudah banyak penelitian yang dilakukan. Sebagian penelitian itu memang sudah menunjukkan hasil yang positif, tapi sebagian lagi masih tetap menjadi bahan perdebatan yang panjang.Maka pertanyaan, “perlukah suplemen antioksidan diberikan secara rutin pada pasien dengan kelainan koroner – karena manfaatnya dan keamanannya?”, belum bisa dijawab dengan pasti dan masih tetap mengambang.

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka Indonesian Journal of Cardiology

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

Manfaat Suplemen Antioksidan: Fakta atau Fiksi ? | Indonesian Journal of Cardiology | Publiora