Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

PENGARUH KONSUMSI PREMNA OBLONGIFOLIA MEER TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN 2018

PENGARUH KONSUMSI PREMNA OBLONGIFOLIA MEER TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

Nurchairina, NurchairinaAziza, Nyimas Aziza
Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik (Sinta 4)Vol. 0 No. 030 April 2020
DOI10.26630/jkep.v16i1.1889

Abstrak

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg . Hasil pemantauan di wilayah Puskesmas Tanjung Bintang diketahui dari 34 lansia pengunjung terdapat 17 lansia (50%) yang menderita hipertensi. Salah satu pengobatan non farmakologi untuk mengontrol tekanan darah tinggi dengan salah satu tanaman obat yaitu dengan daun cincau/ premna oblongfolia Merr, akan tetapi belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsumsi premna oblongifolia meer terhadap  tekanan darah pada lansia dengan  hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Bintang Lampung Selatan.                                  Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen model pretest dan post test untuk mengetahui perubahan tekanan darah sebelum dan sesudah mengkonsumsi premna oblongifolia meer / cincau hijau .Populasi lansia yang mengalami hipertensi dengan menggunakan tehnik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi (sampel 16 responden) Waktu penelitian Oktober sd Desember 2018. Teknik mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi menggunakan alat sphygnomanometer. Analisis data dengan menggunakan uji dependent test /paired T Test.       Hasil penelitian Rata rata tekanan darah sistole lansia pada pengukuran pertama adalah 164,38 mmHg dengan standar deviasi 5,123 . Pada pengukuran kedua didapat rata rata tekanan darah sistole lansia adalah 146,88 mmHg dengan standar deviasi 7,932. Mean perbedaan pengukuran pertama dan kedua adalah 17,500 dengan standar deviasi 6,831. Hasil uji statistik didapatkan nilai p= 0,000 Kesimpulan ada pengaruh konsumsi premna oblongifolia meer terhadap tekanan darah lansia yang mengalami hipertensi. Saran untuk petugas di puskesmas Tanjung Bintang , agar setiap bulan  dapat memberikan penyuluhan tentang kebiasaan hidup sehat bagi lansia terutama mengenai mamfaat  cincau hijau bagi yang mengalami hipertensi.Â

Kata Kunci

hipertensipremna oblongifolia meerlansiahipertensipremna oblongifolia meerlansia

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

PENGARUH KONSUMSI PREMNA OBLONGIFOLIA MEER TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN 2018 | Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik | Publiora