Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI MAKAN BUAH, KEBIASAAN MENGONSUMSI SAYUR, DAN PARTISIPASI PROLANIS DENGAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) DI MASA PANDEMI

Budiyanti WiboworiniNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupAmelya Augusthina AyusariNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Dr. Moewardi Hospital Surakarta City, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupDwi RahayuNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupWidardo WidardoNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupYulia LantiNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupKusmadewi Eka DamayantiNutrition Department, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupRisalina MyrthaUniversitas Sebelas Maret Hospital, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupKisrini KisriniUniversitas Sebelas Maret Hospital, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupJoko SudarsonoUniversitas Sebelas Maret Hospital, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupSutartinah Sri HandayaniParasitology Laboratory, Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia Nutrition, Metabolism and Medicine Research GroupIntaniar IntaniarStudent at Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, IndonesiaUlul AlbabStudent at Faculty of Medicine, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
Biomedika (Sinta 3)Vol. 13 No. 1 (2021)6 September 2021hal. 160-168
DOI10.23917/biomedika.v13i2.14733

Abstrak

ABSTRAK Pemerintah Indonesia menyelenggarakan sistem prolanis dengan salah satu tujuannya untuk membantu pasien DM melakukan pengendalian kadar gula darah , dengan pemberian edukasi makanan sehat, seperti kebiasaan makan buah dan sayur yang cukup. Namun , se lama p andemi C OVID 19 prolanis mengalami hambatan, sehingga pasien DM kurang motivasi dan pengawasan melaksanakan anjuran hidup sehat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara frekuensi makan buah, kebiasaan mengonsumsi sayur dan partisipasi prolanis terha dap kadar gula darah pasien DM di masa pandemi k. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional, dengan 68 pasien DM di wilayah Surakarta, pada Juli Agustus 2020. Hubungan antara frekuensi makan buah, kebiasaan mengonsumsi sayur dan partisipasi prolanis terha dap kadar gula darah pasien diuji bivariat Chi-Square. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hubungan antara frekuensi makan buah , kebiasaan mengonsumsi sayur , dan keikutsertaan prolanis dengan kadar gula darah memiliki p=0,22 ; p=0,825 ; dan p=0,171 secara berurutan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara frekuensi makan buah, kebiasaan mengonsumsi sayur, dan keikutsertaan prolanis dengan kadar gula darah.   Kata Kunci: Diabetes Melitus , Prolanis , Makan Buah dan Sayur , Kadar Gula Darah , Pandemi   ABSTRACT The Indonesian government has implemented a prolanis system with one of the goals of helping DM patients control blood sugar levels, by providing education on healthy foods, such as eating enough fruits and vegetables. However, during the COVID-19 pandemic, Prolanis encountered obstacles, so DM patients lacked motivation and supervision to carry out these healthy living recommendations. This study aims to determine the relationship between f eating fruits frequency, vegetables consuming habit, and prolanis participation with blood sugar levels of DM patients during the pandemic. This study used a cross-sectional study, with 68 DM patients in Surakarta at July-August 2020. The relationship between eating fruits frequency, vegetables consuming habit, and prolanis participation with blood sugar levels was tested by Chi-Square bivariate. The results of this study stated that the relationship between frequency of eating fruit, habit of consuming vegetables, and participation in prolanis with blood sugar levels had p=0.22; p=0.825; and p=0.171 respectively. So it can be concluded that there is no significant relationship between the frequency of eating fruit, the habit of consuming vegetables, and the participation of prolanis with blood sugar levels.   Key Words: Diabetes Mellitus , Prolanis , Eating fruit s and vegetables , The Patient's Blood Sugar Level, Pandemi

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka Biomedika

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI MAKAN BUAH, KEBIASAAN MENGONSUMSI SAYUR, DAN PARTISIPASI PROLANIS DENGAN KADAR GULA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) DI MASA PANDEMI | Biomedika | Publiora