Efektivitas Edukasi Gizi Pada Pengetahuan Terkait Anemia dan Kadar Hemoglobin Remaja Putri Usia 12-19 Tahun: Tinjauan Sistematis dan Meta Analisis: Effectiveness of Nutrition Education on Knowledge of Anemia and Hemoglobin Level in Female Adolescents Aged 12-19 Years: a Systematic Reviews and Meta-Analysis
Effectiveness of Nutrition Education on Knowledge of Anemia and Hemoglobin Level in Female Adolescents Aged 12-19 Years: a Systematic Reviews and Meta-Analysis: Efektivitas Edukasi Gizi Pada Pengetahuan Terkait Anemia dan Kadar Hemoglobin Remaja Putri Usia 12-19 Tahun: Tinjauan Sistematis dan Meta Analisis
Abstrak
Latar Belakang: Prevalensi anemia di kalangan remaja putri mengalami peningkatan dan merupakan masalah kesehatan yang perlu untuk segera diselesaikan. Lebih dari 50% anak perempuan dengan usia 12-15 tahun dilaporkan mengalami anemia. Beberapa dampak anemia pada remaja diantaranya pertumbuhan terhambat, kemampuan belajar menurun hingga kerentanan terhadap penyakit infeksi. Tujuan: Mengidentifikasi bukti efektifitas edukasi gizi terhadap pengetahuan anemia dan kadar hemoglobin pada remaja putri usia 12 sampai 19 tahun. Metode: Dengan menggunakan kriteria kelayakan studi yang telah ditentukan, tiga database elektronik yaitu Scopus, Science Direct, dan Pubmed yang dicari dengan rentang periode lima tahun terakhir untuk artikel yang relevan. Peneliti menggunakan Review Manager (RevMan) versi 5.4.1 untuk menganalisis temuan penelitian. Hasil: Berdasarkan hasil analisis, diketahui tidak ada pengaruh yang signifikan antara edukasi dan pengetahuan terkait anemia pada kelompok kontrol dan perlakuan (P<0,05) serta tidak ada pengaruh yang signifikan antara edukasi gizi dengan konsentrasi kadar Hb pada kelompok kontrol dan perlakuan. Namun, pendekatan program Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) menunjukkan pengaruh terhadap pengetahuan remaja terkait anemia. Hasil yang berpengaruh dilihat melalui nilai perbedaan rata-rata < 0 yang dimaknai bahwa perlakuan pada kelompok intervensi lebih efektif daripada kelompok kontrol. Pada gambar forest plot akan terlihat estimasi efek berada di sebelah kiri dari garis vertikal. Kesimpulan: Berdasarkan meta analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode PAKEM merupakan metode edukasi gizi yang memberikan hasil yang signifikan terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia dan konsumsi tablet Fe. Namun, metode edukasi gizi yang dianalisis tidak berpengaruh terhadap kadar hemoglobin.
Kata Kunci
Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda
MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.
Coba MatchMindLihat profil lengkap jurnal ini
Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.
Buka Amerta NutritionArtikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.
