Tinjauan Literatur: Hubungan antara Keragaman Pangan dengan Stunting pada Balita: Literature Review: The Relationship between Dietary Diversity with Stunting in Underfive Children
Literature Review: The Relationship between Dietary Diversity with Stunting in Underfive Children: Tinjauan Literatur: Hubungan antara Keragaman Pangan dengan Stunting pada Balita
Abstrak
Latar Belakang: Stunting menjadi masalah kesehatan dunia pada anak usia dibawah lima tahun. Gagal tumbuh, kembang dan metabolisme akibat stunting dapat mengancam masa depan anak. Keragaman pangan yang dikonsumsi setiap hari dapat menjadi faktor yang berpengaruh pada kejadian stunting. Tujuan: Literature review ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keragaman pangan dengan kejadian stunting pada balita. Ulasan: Didapatkan 10 artikel yang memenuhi kriteria dengan 6 artikel menyatakan bahwa terdapat hubungan antara keragaman pangan dengan stunting yang menyatakan bahwa Semakin beragam jenis kelompok makanan yang di konsumsi semakin rendah kemungkinan balita mengalami stunting. Kesimpulan: Kesimpulan dari kajian ini adalah keragaman pangan berhubungan dengan kejadian stunting pada balita. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam memaksimalkan ketersediaan keragaman pangan khususnya daerah lokus stunting.
Kata Kunci
Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda
MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.
Coba MatchMindLihat profil lengkap jurnal ini
Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.
Buka Amerta NutritionArtikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.
