Publiora

Menghubungkan ke Publiora...

Publiora

Hubungan Status Gizi, Pola Makan, Kebiasaan Minum Kopi dan Tekanan Darah pada Mahasiswa Universitas Airlangga: Association of Nutritional Status, Diet, Coffee Drinking Habits and Blood Pressure of Airlangga University Students

Association of Nutritional Status, Diet, Coffee Drinking Habits and Blood Pressure of Airlangga University Students: Hubungan Status Gizi, Pola Makan, Kebiasaan Minum Kopi dan Tekanan Darah pada Mahasiswa Universitas Airlangga

Sugeha, Fuad Zulkarnain RozaqMahmudiono, TriasRochmania, Bella Kartini
Amerta Nutrition (Sinta 1)Vol. 0 No. 022 Juni 2023
DOI10.20473/amnt.v7i2.2023.267-273

Abstrak

Latar Belakang: Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyebab kematian tertinggi didunia. Kematian akibat PTM salah satunya yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah. American Heart Association (AHA) menyebutkan terdapat satu dari tiga penduduk usia diatas 20 tahun menderita hipertensi. Hipertensi sebagai salah satu faktor risiko sangat berpengaruh terhadap munculnya penyakit pembuluh darah dan penyakit jantung. Faktor risiko hipertensi yaitu obesitas, konsumsi lemak tinggi, konsumsi garam tinggi, makan secara berlebihan, gaya hidup yang tidak sehat, stres, serta kurang aktivitas fisik. Risiko kelebihan gizi atau obesitas pada kelompok masyarakat usia produktif dapat menimbulkan hipertensi. Mahasiswa anggota UKM cenderung beraktivitas lebih banyak dan lebih produktif dalam kehidupan keseharian dibanding dengan mahasiswa yang tidak mengikuti UKM. Tujuan: Menganalisis hubungan status gizi, pola makan, kebiasaan minum kopi dan tekanan darah pada mahasiswa UNAIR. Metode: Desain studi penelitian ini adalah cross sectional kepada 80 mahasiswa anggota UKM UNAIR. Responden diambil dari populasi berdasarkan metode accidental sampling. Variabel independen penelitian ini adalah tekanan darah. Variabel dependen penelitian adalah status gizi, pola makan, dan kebiasaan minum kopi. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil: Terdapat hubungan antara status gizi (p=0,009), pola makan makanan tinggi natrium (p=0,022), kebiasaan minum kopi (p=0,046) terhadap tekanan darah. Tidak terdapat hubungan pola makan tinggi kalori (p=0,663) dan tinggi lemak (p=0,215) terhadap tekanan darah. Kesimpulan: Terdapat hubungan status gizi, pola makan tinggi natrium, dan kebiasaan minum kopi terhadap tekanan darah pada mahasiswa UNAIR.

Kata Kunci

Tekanan darahStatus giziPola makanKebiasaan minum kopiBlood pressureNutritional statusDietCoffee drinking habits

Cari jurnal yang tepat untuk naskah Anda

MatchMind AI mencocokkan abstrak naskah Anda dengan ribuan jurnal terakreditasi dan menampilkan rekomendasi terbaik beserta alasannya.

Coba MatchMind

Lihat profil lengkap jurnal ini

Waktu review, biaya APC, statistik sitasi, indeksasi Scopus, dan banyak lagi.

Buka Amerta Nutrition

Artikel ini juga tersedia di situs resmi jurnal.

Hubungan Status Gizi, Pola Makan, Kebiasaan Minum Kopi dan Tekanan Darah pada Mahasiswa Universitas Airlangga: Association of Nutritional Status, Diet, Coffee Drinking Habits and Blood Pressure of Airlangga University Students | Amerta Nutrition | Publiora